Kisah Klasik Dalam Jati Diri

by 09.57.00 0 komentar
Jati Diri Sang Pejuang Muda

Assalamualaikum wr.wb
Ketemu lagi insan muda dengan saya rafdy prasetyo, kali ini dalam coretan celotehan saya mau share sedikit tentang kepribadian saya nih insan muda. selain mau share celotehan, ini juga saya buat memenuhi tugas juga dari dosen personality development, membahas tentang pengembangan diri gitu, kalau ada yang nanya apa hubungan nya dipenerbangan nanti sama pelajaran ini ? berguna kah ? well, well ,well its very usefull, sangat berguna banget insan muda , kenapa ? karena dalam dunia kerja tidak cuma penerbangan kalian enggak cuma ngerjain apa yang disuruh bos aja, kalau cuma kaya gitu anak SMA juga bisa, tapi kalian juga dibimbing harus mengembangkan diri kalian supaya lebih kreatif, ide ide cemerlang yang ada dalam pikiran insan muda itu keluar dengan mudah,bagus dan berbobot. dari situlah pelajaran ini membangan insan muda buat mengeluarkan keahlian dan kemampuan terpendam, banyak kan orang-orang punya banyak ide tapi susah untuk dikemukakan. ok, sudah cukup pembahasan tentang personality development nya, langsung aja ke inti nya 

pembahasan nya mengenai kepribadian diri sendiri dengan ada sangkut paut nya /hubungan dengan teori pendekatan, nah teori pendekatan 3 tuh insan muda
3 teori pendekatan
1. masa pra ilmiah
2. masa semi ilmiah
3. masa ilmiah 

 saya mau bahas yang masa pra ilmiah dulu deh
1. PRA ILMIAH
A.CHIROLOGI/ PALMISTRY
disini membahas tentang membaca garis tangan sama kepribadian kita insan muda, ada banyak tipe-tipe nya dari mulai garis korse,bima sakti,gelang,kesehatan dan banyak macem nya,kalian bisa liat teori nya langsungdi google. dari sini katanya saya mempunyai kepribadian yang terlalu emosional, dalam mengerjakan sesuatu yang merangsang dan variatif. dan juga kurang loyal dan kurang menyukai stabilitas, wah padahal saya loyal loh terutama kalau udah punya pacar ,hehehe dari segi kesehatan saya mempunyai kehidupan yang cukup sehat, sejahtera, berumur panjang dan damai.wah luar biasa kan ?
B. ASTROLOGI

aspek ini membahas tentang zodiac insan muda,tahu kan ? yang bintang bintang dilangit itu loh. skip skip
skip, saya berzodiak scorpio lahir di bulan november tanggal 13, cukup sakral kan tanggal nya ? ternyata
insan muda saya sebagai Pria Scorpio mempunya sifat paling bergairah tentang segala hal. Ketika mereka
mencintai seseorang, mereka melakukannya dengan penuh gairah. Ketika mereka bekerja, mereka
melakukannya penuh dedikasi dan ketulusan. Kualitas ini menarik di mata banyak perempuan.kelebihan
hormon kayaknya ya.dan juga saya mempunyai sifat terobsesi dengan suatu hal apalagi dengan pekerjaan
yang belum terselesaikan rasanya gemess banget,sometimes juga saya terlalu posesif terutama sama
pasangan,saya juga berempati terhadap sesama walaupun keliatan nya cuek bebek tapi ada rasa penuh
perhatian dalam diri saya. peace. walaupun saya sering egois namun lama-lama saya mulai sadar bahwa sifat
ini harus saya buang meskipun sulit.

 C. GRAFOLOGI  
Aspek ini membahas tentang pembacaan kepribadian diri melalui tulisan tangan, ya walaupun ada beberapa ahli yang bilang aspek ini belum sempurna dalam membaca kepribadian diri.menurut saya sangat sulit karena tulisan saya sendiri udah mirip sama tulisan dokter,saya belum bisa upload tulisan tangan,nanti jika sempat saya upload. well the point is dari tulisan saya ada beberapa yang pas banget dengan kepribadian saya, yaitu dari saya menulis tanda titik dihuruf i saya menuliskan tanda titik nya tepat di atas I yang berarti saya adalah yang berorientasi detail, terorganisasi, dan sangatlah suka berempati akan segala hal yang iakatakan.lalu ketika saya menulis huruf o yang tertutup menjelaskan bahwa saya adalah orangintrovert, menutup diri,susah bergaul, komunikasi susah,pendiam dan lain lain.

D. PHYSIOGNOMI
well untuk yang satu ini agak susah juga buat disebut but thats not the point , physiognomi ini membahas tentang kepribadian lewat wajah nih insan muda, walaupun wajah saya tak serupawayan sarukhan tapi saya gak jomblo insan muda.hehe peace, so about my face . wajah saya bulat seperti bola pingpong. so Bentuk wajah ini umumnya memiliki struktur tulang yang sangat kuat. Itu menunjukkan watak, aktivitas mental yang sangat kuat, tahan terhadap penyakit dan rasa percaya diri yang tinggi. Hampir semua Kaisar Cina memiliki wajah bulat. Pemilik wajah ini pada umumnya cerdas dan dapat beradaptasi dengan situasi macam apapun. Mereka dikaruniai otak jempolan. Meski cenderung sedikit malas, tapi orang dengan bentuk wajah bulat umumnya panjang umur. Orang Timur mengatakan mereka seakan tidak terburu -buru untuk mati. Wajah bulat dengan leher panjang memiliki daya tahan terhadap penyakit. Dalam bercinta mereka jujur meski terkadang keinginan erotik menjebloskan mereka dalam ketidaksetiaan.agak tragis juga ya insan muda.. hmm
 
dari pra ilmiah kita lompat ke masa semi ilmiah insan muda.
2. SEMI ILMIAH 
Lebih dari 400 tahun sebelum Masehi Hippocrates, seorang tabib dan ahli filsafat yang sangat pandai dari
Yunani, mengemukakan suatu teori kepribadian yang mengatakan bahwa pada dasarnya ada empat tipe
temperamen. Sebenarnya, ada beberapa teori mengenai macam-macam kepribadian. Teori yang paling
popular dan terus dikembangkan adalah teori Hipocrates-Galenus. Yang merupakan pengembangan dari
teori Empedokretus. Berdasarkan pemikirannya, ia mengatakan bahwa keempat tipe temperamen dasar itu
adalah akibat dari empat macam.airan tubuh yang sangat penting di dalam tubuh manusia :

    Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning)
    Sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam)
    Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir)
    Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah)
 
Kemudian teori Hippocrates di sempurnakan kembali oleh Galenus yang mengatakan bahwa keempat cairan tersebut ada dalam tubuh dalam proporsi tertentu, dimana jika salah satu cairan lebih dominan dari cairan yang lain, maka cairan tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang.
Berpuluh tahun lamanya tipologi yunani yang bersifat filosofis ini berpengaruh luas sekali. Bahkan psikologi modern telah mengemukakan banyak saran baru mengenai penggolongan temperamen, tetapi tidak ada yang dapat menemukan penggolongan yang lebih bisa diterima seperti yang dikemukakan oleh Hippocrates dan Galenus. nah itu insan muda sedikit teori nya dari masa semi ilmiah ini. dan ternyata insan muda saya sang pejuang muda termasuk dalam kategori melankolis


Test dari web sebelah
nah itu saya sudah test nih insan muda posisi pertama diraih oleh melankolis yang artinya Kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah. ingat dengan lirik lagu ini? lagunya Andra and The Backbone dengan judul sempurna. Pas banget dengan sifat manusia yang akan kita bahas sekarang yaitu Melankolis si Sempurnaaaaa. ada 4 sifat manusia selain melankolis, korelis, sanguis dan plegmatis.Cairan yang lebih dominan dalam tubuh yaitu cairan melanchole. Dimana orang yang melancholis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, dan kaku.Menganggap segala sesuatu amat penting. Di segala tempat mereka menemukan alasan untuk merasa khawatir dan yang pertama-tama mereka perhatikan dari sesuatu keadaan ialah kesulitan-kesulitannya. Ini dilakukannya tidak atas dasar pertimbangan keakhlakan melainkan karena pergaulan dengan orang lain membuat ia khawatir, berprasangka, dan sibuk berpikir. Justru karena sebab inilah rasa bahagia menjauhinya.
Melankolis, kalau nemu temen orangnya pemikir, sensitif, romantis, teratur, bisa dipastikan 99.99 persen dia tipe orang melankolis. Si melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi, tak jarang kalau ada temen yang ada masalah dialah orang pertama yang merasakanya bahkan menjadi pendengar yang baik. selain berempati, melankolis juga romantis banget, jagi bikin puisi.
Si melankolis ternyata punya bakat perfeksionis harus sempurnaaa. saya juga kadang kalau ada yang kurang misalkan dalam tulisan ini bakalan mengeditnya hingga ratusan kali (lebay, maklum lah melankolis :D ). Dia juga tipe pemikir . Orang bertipe ini cenderung mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan gambar, grafik dll, cukup berbakat menjadi seorang seniman entah musik atau pelukis.
Mereka juga kadang suka sekali namanya berkorban, bahkan mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain, tidak suka menonjolkan diri a.k.a low profile lebih memilih bekerja dibalik layar, sepertinya nggak mau terkenal.
Oke, sudah cukup membanggakan diri sebagai melankolis. sekarang kita bahas sisi jeleknya, hehehehe. Tipe melankolis orangnya super sensitif, bahkan anda tiup rasanya kayak ditabok hehehehe. Mereka suka yang namanya menyendiri, kadang juga terjebak di masalalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasip dan suka membesar besarkan masalah, mengapaaaaaaaa aku beginiii.
Melankolis umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya diumpetin, kalaupun dibagi, pastilah dibagi dengan orang yang paling diapercaya entah keluarga ataupun teman. Mereka juga kadang suka meremehkan diri mereka sendiri, padahal apa yang dikerjakannya mungkin lebih bagus dengan orang lain, istilahnya rumput tetangga lebih hijau dan juga takut kegagalan intinya pikiranya negatip mulu nggak ada motivasi. Idealis, kalau dirasa sesuatu tidak sesuai kehendaknya mereka kadang suka ngedumel.
MELANKOLIS:
KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain
KELEMAHAN:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

kepanjangan ya ? hehe kita lanjut ke masa ilmiah yuk insan muda
3. Masa Ilmiah 
di teori pendekatan pada masa ilmiah ini saya mengambil teori dari erik erikson
Teori psikososial dari Erik Erikson meliputi delapan tahap yang saling berurutan sepanjang hidup. Hasil dari tiap tahap bergantung pada hasil tahapan sebelumnya, dan resolusi yang sukses dari tiap krisis ego adalah pentingnya bagi individu untuk dapat tumbuh secara optimal. Ego harus mengembangkan kesanggupan yang berbeda untuk mengatasi tiap tuntutan penyesuaian dari masyarakat (Berk, 2003). Berikut adalah delapan tahapan perkembangan psikososial menurut Erik Erikson (Berk, 2003):
1.      Tahap I : Trust versus Mistrust (0-1 tahun)
Dalam tahap ini, bayi berusaha keras untuk mendapatkan pengasuhan dan kehangatan, jika ibu berhasil memenuhi kebutuhan anaknya, sang anak akan mengembangkan kemampuan untuk dapat mempercayai dan mengembangkan asa (hope). Jika krisis ego ini tidak pernah terselesaikan, individu tersebut akan mengalami kesulitan dalam membentuk rasa percaya dengan orang lain sepanjang hidupnya, selalu meyakinkan dirinya bahwa orang lain berusaha mengambil keuntungan dari dirinya.
2.      Tahap II: Autonomy versus Shame and Doubt (l-3 tahun)
Dalam tahap ini, anak akan belajar bahwa dirinya memiliki kontrol atas tubuhnya. Orang tua seharusnya menuntun anaknya, mengajarkannya untuk mengontrol keinginan atau impuls-impulsnya, namun tidak dengan perlakuan yang kasar. Mereka melatih kehendak, tepatnya otonomi. Harapan idealnya, anak bisa belajar menyesuaikan diri dengan aturan-aturan sosial tanpa banyak kehilangan pemahaman awal mereka mengenai otonomi, inilah resolusi yang diharapkan. Alwisol (2009:93) melanjutkan bahwa apabila anak tidak berhasil melewati fase ini, maka anak tidak akan memiliki inisiatif yang dibutuhkan pada tahap berikutnya dan akan mengalami hambatan terus-menerus pada tahap selanjutnya.
3.      Tahap III : Initiative versus Guilt (3-6 tahun)
Pada periode inilah anak belajar bagaimana merencanakan dan melaksanakan tindakannya. Resolusi yang tidak berhasil dari tahapan ini akan membuat sang anak takut mengambil inisiatif atau membuat keputusan karena takut berbuat salah. Anak memiliki rasa percaya diri yang rendah dan tidak mau mengembangkan harapan-harapan ketika ia dewasa. Bila anak berhasil melewati masa ini dengan baik, maka keterampilan ego yang diperoleh adalah memiliki tujuan dalam hidupnya.
4.      Tahap IV: Industry versus Inferiority (6-12 tahun)
Pada saat ini, anak-anak belajar untuk memperoleh kesenangan dan kepuasan dari menyelesaikan tugas khususnya tugas-tugas akademik. Penyelesaian yang sukses pada tahapan ini akan menciptakan anak yang dapat memecahkan masalah dan bangga akan prestasi yang diperoleh. Keterampilan ego yang diperoleh adalah kompetensi. Di sisi lain, anak yang tidak mampu untuk menemukan solusi positif dan tidak mampu mencapai apa yang diraih teman-teman sebaya akan merasa inferior.
5.      Tahap V : Identity versus Identity Confusion (12-20 tahun)
Pada tahap ini, terjadi perubahan pada fisik dan jiwa di masa biologis seperti orang dewasa sehingga tampak adanya kontraindikasi bahwa di lain pihak anak dianggap dewasa tetapi di sisi lain dianggap belum dewasa. Tahap ini merupakan masa stansarisasi diri yaitu anak mencari identitas dalam bidang seksual, umur dan kegiatan. Peran orang tua sebagai sumber perlindungan dan nilai utama mulai menurun. Adapun peran kelompok atau teman sebaya tinggi. Apabila anak tidak sukses pada fase ini, maka akan membuat anak mengalami krisis identitas, begitupun sebaliknya.
6.      Tahap VI: Intimacy versus Isolation (masa dewasa muda, 20-30 tahun)
Dalam tahap ini, orang dewasa muda mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain secara lebih mendalam. Ketidakmampuan untuk membentuk ikatan sosial yang kuat akan menciptakan rasa kesepian. Bila individu berhasil mengatasi krisis ini, maka keterampilan ego yang diperoleh adalah cinta.7.      Tahap VII: 
7. Tahap VII Generativity versus Stagnation (masa dewasa menengah, 30-65 tahun)
Pada tahap ini, individu memberikan sesuatu kepada dunia sebagai balasan dari apa yang telah dunia berikan untuk dirinya, juga melakukan sesuatu yang dapat memastikan kelangsungan generasi penerus di masa depan. Ketidakmampuan untuk memiliki pandangan generatif akan menciptakan perasaan bahwa hidup ini tidak berharga dan membosankan. Bila individu berhasil mengatasi krisis pada masa ini maka ketrampilan ego yang dimiliki adalah perhatian, sedangkan bila individu tidak sukses melewatinya maka akan merasa bahwa hidupnya tidak berarti.
8.      Tahap VIII: Ego Integrity versus Despair (masa dewasa akhir, 65 tahun ke atas)
Pada tahap usia lanjut ini, mereka juga dapat mengingat kembali masa lalu dan melihat makna, ketentraman dan integritas. Refleksi ke masa lalu itu terasa menyenangkan dan pencarian saat ini adalah untuk mengintegrasikan tujuan hidup yang telah dikejar selama bertahun-tahun. Apabila individu sukses melewati faase ini maka akan timbul perasaan puas akan diri, sedangkan apabila mengalami kegagalan dalam melewati tahapan ini akan menyebabkan munculnya rasa putus asa.
 
dari kecil saya lebih sering diatur oleh orang tua insan muda, orang tua saya terlalu posesif terhadap saya menjadikan saya kurang aktif,pemalu dan kurang jajan hehe, becanda,mangkanya sampai saat ini masih terasa,gerak gerik saya pun jadi terbatasi, karena takut untuk mencoba hal baru, kinda sad. but nevermind, yang terpenting buat saya adalah berubah berubah dan berubah memperperbaiki diri sendiri.untuk menjadi insan muda yang dapat membanggakan orang tua,negara dan pacar. MERDEKAAA
 
ok insan muda cukup sampai disini dulu celotehan nya. see you next post maaf jika ada salah kata atau typo namanya juga manusia,banyak salah
#young on top
 Salam pejuang muda
Rafdy Prasetyo
150109011 

Rafdyprasetyo

Daywalker

MAXIMUM EFFORT.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html